+62 2129380882 office@aprobi.co.id

Aksi Ambil Untung Membendung CPO (Rencana Uni Eropa menolak penggunaan biodiesel terus menekan CPO):

  • Aksi Ambil Untung Membendung CPO (Rencana Uni Eropa menolak penggunaan biodiesel terus menekan CPO): Aksi ambil untung membuat harga minyak sawit mentah (CPO) kembali merosot. Harga komoditas perkebunan ini kembali tertekan, walau sederet sentimen positif mewarnai pergerakannya. Kemarin, harga CPO kontrak pengiriman Mei 2018 di Malaysia Derivative Exchange melorot 1,19% ke RM 2.485 per metrik ton. Bila dihitung sepekan terakhir, harga CPO melemah 0,84%.  Menurut Analis Monex Investindo Futures Faisyal, koreksi tersebut terjadi karena investor melakukan profit taking. Maklum saja, pada Senin (19/2) lalu, harga CPO melonjak tajam.  Sebenarnya, harga CPO masih bisa menguat. Mengingat ekspor Malaysia mengalami kenaikan setelah Intertek Testing Services melaporkan ekspor CPO Malaysia periode 1-20 Februari yang mereka tangani naik 8,8% menjadi 791.992 metrik ton. (KONTAN)
  • Walhi: Komoditas Sawit Jangan Masuk Negosiasi CEPA: Lembaga swadaya masyarakat Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menginginkan agar komoditas sawit jangan sampai masuk dalam negosiasi pembahasan Perjanjian Kemitraan Komprehensif RI-Uni Eropa (CEPA) yang sedang dirundingkan saat ini. “Kami mendorong pembenahan internal terlebih dahulu sebelum adanya perundingan tentang sawit,” kata Manajer Kampanye Keadilan Iklim Walhi Nasional Yuyun Harmono. Menurut Yuyun, pembenahan internal diperlukan karena pemberian konsensi kebun sawit oleh pemerintah pada saat ini dinilai kerap tumpang tindih seperti dengan kawasan gambut. sebenarnya pemerintah sudah melakukan beberapa langkah guna membenahi perkebunan kelapa sawit domestik, tetapi ia mengingatkan adanya kecemasan dari Eropa mengenai sawit yang diimpor untuk produksi (INDUSTRY.CO.ID)

http://www.industry.co.id/read/26367/walhi-komoditas-sawit-jangan-masuk-negosiasi-cepa

  • Indonesia Dan Negara Produsen CPO Hadang Resolusi Parlemen Eropa: Sebagai negara produsen sawit dengan jumlah besar, Indonesia menjadi pengagas dalam menyikapi Resolusi Parlemen Eropa pada 17 Januari 2018 yang mengusulkan Uni Eropa (UE) menghentikan palm oil-based biofuel pada 2021 mendatang.  Melalui Kedutaan Besar RepubIik Indonesia (KBRI) yang ada di Brussel, Indonesia melakukan koordinasi dan menyatakan sikap dan langkah bersama yang perlu dilakukan semua negara-negara produsen sawit baik dari Asia Tenggara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, dan Afrika dalam menyikapi usulan Parlemen Eropa tersebut. (MAJALAH SAWIT INDONESIA)

https://sawitindonesia.com/rubrikasi-majalah/berita-terbaru/indonesia-dan-negara-produsen-cpo-hadang-resolusi-parlemen-eropa/