+62 2129380882 office@aprobi.co.id

Biodiesel Menjajal Pasar Eropa Lagi (Hingga akhir tahun ini, Aprobi menargetkan bisa melakukan ekspor biodiesel ke Uni Eropa sebanyak 500.000 Kiloliter):

Biodiesel Menjajal Pasar Eropa Lagi (Hingga akhir tahun ini, Aprobi menargetkan bisa melakukan ekspor biodiesel ke Uni Eropa sebanyak 500.000 Kiloliter): Indonesia akan kembali menggarap pasar biodiesel Uni Eropa. Langkah itu dilakukan setelah Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) menolak putusan anti dumping Uni Eropa terhadap produk biodiesel Indonesia. Dengan putusan itu, ada potensi kembali diterimanya produk biodiesel Indonesia di Uni Eropa. Namun karena ekspor biodiesel Indonesia terus menurun mulai tahun 2014 bahkan nihil di 2017, Indonesia harus bekerja keras dan memulainya dari awal. Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan berharap dengan terbukanya kembali pasar Uni Eropa, maka ekspor ke benua itu bisa mencapai 500.000 kiloliter (kl) hingga akhir tahun. Target itu masih lebih rendah dibandingkan dengan ekspor biodiesel Indonesia ke kawasan tersebut pada tahun 2014 yang sebanyak 1,8 juta kl. Target masih kecil karena tantangan utama bagi Indonesia adalah menjalin koneksi kembali yang sebelumnya sempat terputus. “Dalam empat tahun terakhir ini nilai ekspor biodiesel ke Uni Eropa hampir kosong. Tahun ini beberapa perusahaan sudah mulai mengirimkan sample ke beberapa negara Uni Eropa, tapi kita masih menunggu,” kata Paulus (KONTAN)

Pemerintah akan bernegosiasi dengan Uni Eropa terkait larangan CPO dan turunannnya: Pertengahan bulan Mei ini, Menteri Koordintar Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan akan mengunjungi Eropa di Brussels, Belgia untuk membicarakan energi terbarukan serta kebijakan biofuel. Hal tersebut diharapkan bisa menjadi batu landasan Indonesia untuk memperbaiki relasi bisnis produk kelapa sawit dan turunannya dengan Uni Eropa. Tak hanya itu, upaya negosiasi akan terus dilakukan oleh Indonesia. Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia Aprobi Paulus Tjakrawan menjelaskan, Aprobi juga akan terlibat dalam kunjungan untuk menghadiri trialog antara Parlemen Eropa, Dewan Eropa, dan Komisi Eropa terkait energi terbarukan serta kebijakan biofuel berbahan minyak sawit termasuk membahas sawit asal Indonesia. Harapannya dalam trialog tersebut, delegasi Indonesia dapat menunjukkan potensi biodiesel Indonesia dan menepis tuduhan soal deforestasi.Tak hanya berkunjung ke Brussels, menurut Paulus, setelah itu Menko Luhut akan menghadiri konferensi di Roma, Vatikan untuk membicarakan isu humanisme yang terkait dengan pertanian kelapa sawit. Pasalnya, rantai bisnis dan pekerja yang terkait dalam industri kelapa sawit menjaring banyak orang. mengenai tuduhan deforestasi yang kerap dijadikan hambatan Indonesia, Paulus mengatakan hal tersebut tidak mendasar. Pasalnya, aturan mengenai peraturan terkait deforestasi dan degradasi hutan telah dijalankan dengan sangat baik. (KONTAN)

https://industri.kontan.co.id/news/pemerintah-akan-bernegosiasi-dengan-uni-eropa-terkait-larangan-cpo-dan-turunannnya

Aprobi berharap ekspor biodiesel ke Uni Eropa mencapai 500.000 kiloliter tahun ini: Pasca WTO menolak putusan anti-dumping Uni Eropa terhadap gugatan biodiesel, Indonesia berpotensi menggarap pasar ekspor biodiesel ke Eropa lagi. Namun mengingat ekspor biodiesel Indonesia terakhir dilakukan pada tahun 2014 lalu, maka pengusaha bakal harus memulai dari awal lagi.Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan menyatakan harapannya hingga akhir tahun ini dapat mengekspor produk biodiesel hingga 500.000 kiloliter ke Uni Eropa. Jumlah tersebut jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan jumlah ekspor terakhir ke kawasan tersebut pada tahun 2014 yang mencapai volume pengiriman 1,8 juta kiloliter. Dengan demikian, tantangan utama bagi Indonesia adalah mulai menjalin lagi hubungan dagang yang sebelumnya sempat terputus. berkat BMAD Uni Eropa yang diterapkan sejak tahun 2013 hingga 2016, ekspor biodiesel Indonesia ke UE turun drastis 42,84%. Pada tahun 2013, nilai ekspor biodiesel Indonesia mencapai US$ 649 juta, kemudian menjadi US$ 150 juta di tahun 2016. Sedangkan di tahun 2017, Paulus mengatakan ekspor tersebut nihil. (KONTAN)

https://industri.kontan.co.id/news/aprobi-berharap-ekspor-biodiesel-ke-uni-eropa-mencapai-500000-kiloliter-tahun-ini

Dorong pengembangan PLT berbasis bioenergi di Aceh, Bioenergy Goes to Campus digelar: Pemerintah melalu Ditjem EBTKE, Kementrian ESDM menyelenggarakan Bioenergy Goes to Campus untuk memberikan informasi mengenai potensi , teknologi dan pemanfaatan bioenergy secara umum serta kebijakan pemerintah untuk mendukung implementasi bioenergy di Indonesia. Pada tahun 2016 kementrian ESDM telah membangun Biogas Komunal di Pondok Pesantren Oemar Kabupaten Aceh Besar. Yang mana biogas yang diproduksi oleh digester dapat digunakan sebagai pengganti gas elpiji untuk memasak, pada kesempatan yang sama turut hadir sebagai narasumber Kepala Subdirektorat Investasi dan Kerja Sama Bioenergi , Elis Heviati; Dosen Fakultas pertanian, Kiman Siregar; Perwakilan Yayasan Rumah Energi , Sitti Fharidha;Perwakilan APLIBI, Hanjaya Eka putra, serta ketua APROBI; Paulus Tjakrawan Taningdjaja. (ANTARANEWS)

https://www.antaranews.com/berita/707625/dorong-pengembangan-plt-berbasis-bioenergi-di-aceh-bioenergy-goes-to-campus-digelar

Kemenperin Gandeng Jepang Olah Limbah Cair Sawit Jadi Biofuel: Kemenperin sedang cari ilmu, untuk bisa optimalkan limbah cair yang dihasilkan dari pengolahan kelapa sawit atau POME, buat budidaya alga untuk hasilkan biofuel. Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sudah mengunjungi Fraunhofer, yaitu lembaga riset yang ada di Jerman, yang mengembangkan satu jenis alga yang bisa konversi POME menjadi gasoline. Kali ini, Kemenperin melalui BPPI gandeng ABES University of Tsukuba, Jepang, yang punya pengalaman riset komoditas alga atau ganggang, buat jadi salah satu sumber energi. Kemenperin sedang cari ilmu, untuk bisa optimalkan limbah cair yang dihasilkan dari pengolahan kelapa sawit atau POME, buat budidaya alga untuk hasilkan biofuel. Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sudah mengunjungi Fraunhofer, yaitu lembaga riset yang ada di Jerman, yang mengembangkan satu jenis alga yang bisa konversi POME menjadi gasoline. Kali ini, Kemenperin melalui BPPI gandeng ABES University of Tsukuba, Jepang, yang punya pengalaman riset komoditas alga atau ganggang, buat jadi salah satu sumber energi. (KOMPAS)

https://otomotif.kompas.com/read/2018/05/07/144200715/kemenperin-gandeng-jepang-olah-limbah-cair-sawit-jadi-biofuel

Perdagangan Minyak Sawit Masih Dihadang Barrier: Hambatan dagang untuk produk perkebunan kelapa sawit diyakini bakal tidak akan berkesudahan, misalnya saja baru-baru ini biodiesel sawit dilarang masuk ke Uni Eropa yang akan efektif berlaku pada 2021.Tutur Wakil Ketua III GAPKI, Togar Sitanggang, resolusi sawit Uni Eropa terkait tudingan perusak hutan perlu menjadi perhatian, terlebih kebijakan itu mendahulukan pelarangan biodiesel sawit dalam kebijakan campuran energi di Uni Eropa. Kenapa harus sawit yang duluan? Sementara minyak nabati lainnya baru ditetapkan pada 2030, katanya belum lama ini.Lantas masih banyaknya anggapan orang, bahwa kelapa sawit asal Indonesia itu lebih buruk dibandingkan produk kelapa sawit dari negara-negara produsen lainnya, dan sayangnya di Indonesia seolah melakukan pembiaran, kedepan semestinya kita memperbaiki citra kelapa sawit nasional, dengan beragam promosi.Cara demikian dilakukan supaya kelapa sawit Indonesia tidak selalu menjadi sasaran tembak dari seluruh dunia, anehnya kata Togar, di negara produsen sawit lainnya tidak setinggi di Indonesia tekanannya. (INFOSAWIT)

https://www.infosawit.com/news/7993/perdagangan-minyak-sawit-masih-dihadang-barrier

Banjir Sentimen Positif, Harga CPO Menguat 1% Lebih: Harga CPO kontrak pengiriman Juli 2018 di bursa derivatif Malaysia bergerak menguat tipis 1,28% ke MYR2.370/ton hingga pukul 16.02 WIB. Capaian tersebut menjadi kabar baik bagi salah satu komoditas minyak nabati ini, setelah anjlok 1,76% dalam sepekan lalu. Pekan lalu, harga CPO tertekan oleh sentimen terancamnya permintaan CPO, seiring India, yang menjadi salah satu negara pengimpor CPO terbesar, menaikkan tarif impor dari semula 30% menjadi 44%. Menurunnya permintaan CPO terefleksikan pada data ekspor CPO Malaysia yang tercatat anjlok hingga 5,7% MtM sepanjang 1-30 April, berdasarkan data survei dari AmSpec Agri. Padahal, sepanjang bulan Maret ekspor tercatat tumbuh sebesar Namun hari ini pergerakan harga CPO mulai berbalik arah, didorong oleh sejumlah sentimen positif. Melonjaknya konsumsi domestik diyakini akan mampu mengompensasi penurunan ekspor. Pasalnya, kebutuhan minyak kelapa sawit untuk biodiesel diprediksikan akan melonjak, seiring peningkatan harga minyak mentah akan membuat produksi biodiesel menjadi lebih ekonomis. (CNBCINDONESIA)

https://www.cnbcindonesia.com/market/20180507165342-17-13986/banjir-sentimen-positif-harga-cpo-menguat-1-lebih