+62 2129380882 office@aprobi.co.id

Borong 50 Unit Boeing, Lion Air Bisa Selamatkan Biodiesel Indonesia Di Amerika:

• Borong 50 Unit Boeing, Lion Air Bisa Selamatkan Biodiesel Indonesia Di Amerika: Produsen biodiesel dan petani sawit mengapresiasi komitmen Lion Air untuk beralih menggunakan bioavtur. Penggunaan bioavtur atau bahan bakar berbasis sawit dapat mendongkrak harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit petani. Diharapkan pula, Presiden Trump melonggarkan kebijakannya kepada produk biodiesel asal Indonesia. Master Parulian Tumanggor, Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (APROBI) menyebutkan kelapa sawit punya peranan penting bagi Indonesia karena melibatkan 20 juta penduduk dan menjadi penghasil devisa nomor satu di sektor non migas. Saat ini, kelapa sawit mampu memenuhi kebutuhan di sektor energi khususnya bahan bakar transportasi. (SAWIT INDONESIA)

• Produsen Biodisel Apresiasi Lion Air Gunakan Bioavtur: Produsen biodiesel dan petani sawit menmuji janji/ komitmen maskapai penerbangan Lion Air untuk beralih menggunakan bioavtur atau bahan bakar berbasis sawit. “Penggunaan bioavtur atau bahan bakar berbasis sawit dapat mendongkrak harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit petani. Kelapa sawit mempunyai peranan penting bagi Indonesia karena melibatkan 20 juta penduduk dan menjadi penghasil devisa nomor satu di sektor nonmigas,” kata Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (APROBI) Master Parulian Tumanggor (HARNAS.CO)
http://www.harnas.co/2018/04/10/produsen-biodisel-apresiasi-lion-air-gunakan-bioavturjavascriptvoid0
• Kementerian Pertanian Kembangkan Biodiesel Dari Kemiri Sunan: Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin mengapresiasi Kementerian Pertanian yang sudah mulai mengembangkan biodiesel dari bahan baku Kemiri Sunan. Menurutnya, bila pemerintah serius mengembangkan energi terbarukan dari Kemiri Sunan ini, maka dalam waktu ke depannya, persoalan mahalnya BBM yang dikeluhkan masyarakat dapat teratasi. “Dari 14 juta hektare lahan tidur, selain untuk peningkatan tanaman pangan, masih sangat leluasa bila pemerintah membangun industri energi terbarukan dari tanaman Kemiri Sunan ini. Namun upaya pengembangan solar dari tanaman ini tidak mudah bila hanya satu atau dua institusi saja yang bersemangat. Perlu dukungan pimpinan nasional untuk mengkoordinir keseriusan pengembangan biodiesel ini untuk masa-masa yang akan datang,” ujar Akmal dalam rilisnya, Selasa (10/4/2018). (TRIBUNNEWS)
http://www.tribunnews.com/nasional/2018/04/10/kementerian-pertanian-kembangkan-biodiesel-dari-kemiri-sunan
• Retaliasi Hambatan Biodiesel Disiapkan, Ini Komentar Pengusaha: Kementerian Perdagangan sedang menyiapkan rencana retaliasi terhadap Uni Eropa jika kekeuh untuk menghapus biodiesel berbahan kelapa sawit pada 2021, meskipun baru-baru ini badan organisasi dunia memenangkan bea masuk anti dumping untuk produk biodiesel RI. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta W Kamdani menyarankan retaliasi yang dilakukan pemerintah tidak menyentuh seluruh komoditas yang diekspor Uni Eropa ke Indonesia. Pemerintah menurut Kadin, baiknya mencari beginning poin untuk menentukan kembali impor yang dilakukan dalam negeri untuk dari kawasan Benua Biru. Meski begitu Kadin tidak menyarankan untuk melakukan perang dagang dengan menghentikan seluruh komoditas yang diperdagangkan antar kedua negara. “Namun hanya beberapa komoditas ditentukan pemerintah untuk dijadikan beginning poin, agar dapat win win solution,” ujarnya (BISNIS)
http://industri.bisnis.com/read/20180410/12/782330/retaliasi-hambatan-biodiesel-disiapkan-ini-komentar-pengusaha-
• Gapki Ingin Ekspor Biodiesel ke UE Makin Lancar: Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengharapkan adanya kelancaran ekspor biodiesel ke pasar Eropa, setelah Uni Eropa (UE) menghapus pengenaan bea masuk anti dumping atas produk biodiesel asal Indonesia. “Prospeknya terlihat, kita bisa memulai ekspor kembali ke Eropa,” kata Sekjen Gapki Togar Sitanggang. (INVESTOR DAILY INDONESIA)
http://id.beritasatu.com/home/gapki-ingin-ekspor-biodiesel-ke-ue-makin-lancar/174320
• Gapki dan Lion Air Kembangkan Riset Bioavtur Sawit: Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) dan lion Air Group akan melakukan riset, pengembangan, dan uji coba pemanfaatan bioavtur sawit sebagai bahan bakar alternatif bagi armada pesawat komersial. Kerja sama itu dilakukan dengan pertimbangan efisiensi, kelestarian lingkungan, sekaligus upaya meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani sawit. (INVESTOR DAILY INDONESIA)