+62 2129380882 office@aprobi.co.id

Eropa Masih Terbuka, Harga CPO Naik

CNBC Indonesia | Kamis, 3 Oktober 2019

Eropa Masih Terbuka, Harga CPO Naik

Setelah terjun bebas pada perdagangan kemarin, harga minyak sawit mentah (CPO) di Bursa Malaysia Derivatif Exchange (BMDEX) naik tipis. Tampaknya kabar baik yang berhembus dari Eropa cukup berdampak mengerek harga CPO naik. Pada Kamis (3/10/2019) pukul 10.15 WIB, harga CPO berada di RM 2.150/ton. Naik 0,4% dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan kemarin. Angin segar kali ini berhembus dari Benua Biru. Duta Besar Perancis untuk Malaysia Frederic Laplanche menegaskan bahwa Uni Eropa tidak bermaksud menghalangi masuknya minyak sawit ke pasar mereka. Selama ini banyak terjadi kesalahpahaman soal sikap Uni Eropa yang terkesan membatasi masuknya produk minyak sawit ke pasar mereka.

Menurut Laplanche, kesalahpahaman tersebut ada karena Prancis dan Uni Eropa mulai menghentikan subsidi minyak sawit untuk biofuel secara bertahap. Walaupun subsidi mulai dihentikan, bukan berarti ada larangan masuknya minyak sawit ke pasar Eropa. “Eropa akan tetap terbuka terhadap minyak sawit dan itu merupakan bentuk kerja sama antara Uni Eropa dengan Indonesia dan Malaysia” tegasnya. Menurut Laplanche, Uni Eropa merupakan target pasar terbesar kedua untuk produk minyak sawit setelah India. Untuk semester I-2019, impor minyak sawit Eropa dari Malaysia tumbuh 6%. Itu menandakan bahwa Eropa masih terbuka terhadap minyak sawit. Belum lagi inisiatif Malaysia untuk mulai memberikan sertifikasi sustainable palm oil. Hal itu tentu dapat berdampak pada semakin yakinnya Eropa untuk membeli minyak sawit dari Malaysia.

https://www.cnbcindonesia.com/market/20191003103149-17-104078/eropa-masih-terbuka-harga-cpo-naik

Kontan | Kamis, 3 Oktober 2019

Pengunjung Pameran Energy & Engineering Series mencapai 49.327 orang

Pameran Energy & Engineering Series telah berhasil menarik 49.327 pengunjung sejak dibuka 18-21 September 2019 lalu. Perhelatan ini menghadirkan lima pameran perdagangan dan industri yang meliputi Mining Indonesia, Oil & Gas Indonesia, Construction Indonesia, Concrete Show SEA Indonesia, dan Marintec Indonesia di bawah satu atap seluas 60.000 meter persegi (m2). Event Director of Pamerindo Indonesia, Maysia Stephanie, mengungkapkan, ini kedua kalinya mereka menghadirkan pameran tersegmentasi untuk melayani pertambangan, minyak & gas, beton dan konstruksi, dan juga sektor maritim di Indonesia. Menurutnya, kali ini, sambutan pasar cukup tinggi mengingat ada pelonjakan jumlah pengunjung sampai 10% dari edisi sebelumnya di 2017. Ia menuturkan, selama pameran yang bertema “Sustainability on Energy & Engineering Industry” ini berlangsung, beragam seminar yang di hadirkan para asosiasi dagang di manfaatkan oleh para pengunjung sebagai ajang networking serta tempat bertukarnya pikiran sesama pelaku pasar. “Para peserta pameran pun berlomba-lomba untuk menghadirkan produk-produk inovatif dengan teknologi terbaru yang menawarkan solusi industri serta untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (3/10).

Pada kesempatan ini, selaku pemegang merek Mercedes (APM) di Indonesia yang diwakili oleh Arizta Quintasari, Manajer Komunikasi & Pemasaran PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia menyatakan dukungannya. Dia mengatakan bahwa dari teknologi yang dimiliki oleh Mercedes Benz, dalam hal ini, truk baru dari kategori high-end yaitu ACTROS dan AROCS yang baru-baru ini diluncurkan, yang diimpor dari Eropa dan Asia dinyatakan aman untuk menggunakan bahan bakar B20, meskipun di dalam negeri asal unit B100 telah diimplementasikan. Mereka mengkonfirmasi setelah melakukan serangkaian tes dan uji coba. Dalam upaya untuk mempersiapkan rencana implementasi B30, pada pertengahan Juni lalu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melakukan uji coba dengan bahan bakar diesel B30, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan bakar yang mengandung 30 persen minyak sayur pada berbagai kontur jalan untuk kendaraan dan kondisi iklim yang berbeda serta bagian dari upaya menuju ketahanan energi.

Dukungan juga datang dari Freyssinet Indonesia sebagai perusahaan yang menyediakan produk dan layanan dengan fokus utama pada teknologi berkelanjutan yang mendukung pembangunan infrastruktur dan konstruksi pertambangan. Dewi Zuhari, Business Development Manager Freyssinet Indonesia memberikan contoh seperti pembangunan jalan tol layang Jakarta-Cikampek yang cukup efektif dalam menahan guncangan gempa bumi skala besar atau megathrust. Itu karena sambungan ekspansi dipasang di setiap koneksi pierhead.

https://industri.kontan.co.id/news/pengunjung-pameran-energy-engineering-series-mencapai-49327-orang

Otomotifnet | Kamis, 3 Oktober 2019

Dealer Hino Terbesar Di Sumatera Dibuka, Bakal Melayani Servis 24 Jam

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) membuka dealer baru dan terbesar di Sumatera (3/10). Dealer tersebut menempati lokasi baru di Jl. Lingkar Barat, Kota Baru, Jambi. Sebelumnya terletak di Jl. HOS Cokroaminoto No. 1 Telanaipura, Jambi. Berada dibawah naungan PT Jaya Indah Motor (JIM), dealer dengan luas area 8.000 meter persegi tersebut melayani 3S (Sales, Service, Sparepart). “Pembukaan dealer terbesar ini merupakan langkah penting dalam rangka kesiapan Hino menuju era Euro 4 dan B30 sehingga customer tidak perlu khawatir akan kesiapan layanan Hino,” “Karena kami akan selalu memberikan layanan Total Support bagi customer dimanapun berada,” kata Hiroo Kayanoki selaku Presiden HMSI. Karena luas area lebih besar, jumlah service bay pun ditingkatkan dari yang semula 6 menjadi 12 buah. Kedepannya, Hino Jambi akan beroperasi melayani servis selama 24 jam. Dan didukung oleh peralatan canggih seperti DX Tools.

Menurut Santiko Wardoyo selaku Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, area Jambi dan pasar Sumatera merupakan area potensial untuk pertumbuhan penjualan Hino. Tahun lalu pangsa pasar Hino Ranger di Medium Duty Trucks sebesar 65 persen di area Jambi sementara itu truk Hino Dutro di kelas light duty truck berhasil memiliki pangsa pasar 23%. “Melihat pertumbuhan di sektor perkebunan dan konstruksi di Jambi, kami percaya bahwa area ini memiliki potensi ekonomi yang besar,” “Untuk itu terus kami maksimalkan penjualan disini melalui peningkatkan fasilitas showroom guna memberikan pelayanan dan pengalaman yang bagi customer kami disini,” pungkasnya.

https://otomotifnet.gridoto.com/read/231872767/dealer-hino-terbesar-di-sumatera-dibuka-bakal-melayani-servis-24-jam?page=2