+62 2129380882 office@aprobi.co.id

Jokowi Utus Luhut untuk Negosiasi Penolakan Sawit oleh Uni Eropa:

• Jokowi Utus Luhut untuk Negosiasi Penolakan Sawit oleh Uni Eropa: Presiden Joko Widodo mengutus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk menyelesaikan masalah penolakan sawit oleh Uni Eropa. “Saya diutus secara khusus ke sana karena ini menyangkut biodiesel. Pada 23 atau 24 April ini berangkat,” ujar Luhut (TEMPO)
https://bisnis.tempo.co/read/1077504/jokowi-utus-luhut-untuk-negosiasi-penolakan-sawit-oleh-uni-eropa
• Menang Gugatan, Biodiesel RI Berpeluang Kembali Masuk ke Pasar Eropa: Langkah pemerintah melalui Kementerian Perdagangan yang memperjuangkan biodiesel Indonesia di pasar Uni Eropa dinilai positif. Lewat keberhasilan tersebut, pintu bagi biodiesel Indonesia kembali terbuka lebar ke pasar Eropa. “Prospeknya terlihat, kita bisa memulai ekspor kembali ke Eropa,” ujar Sekjen GAPKI Togar Sitanggang. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memang memastikan, kemenangan Indonesia di Mahkamah Uni Eropa bukan berarti upaya untuk menjaga pasar sawit dan produk turunannya selesai. Indonesia masih tetap bersiap atas langkah-langkah yang mungkin diambil Uni Eropa untuk mencegah kembali masuknya sawit ke pasar Eropa. (LIPUTAN 6)
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3432942/menang-gugatan-biodiesel-ri-berpeluang-kembali-masuk-ke-pasar-eropa
• Usai Penghapusan Bea Masuk, GAPKI Mulai Ekspor Biodiesel: GAPKI akan kembali mengekspor biodiesel ke Eropa, setelah Uni Eropa menghapus pengenaan bea masuk anti dumping atas produk biodiesel Indonesia. “Prospeknya terlihat. Kami bisa memulai ekspor kembali ke Eropa,” ujar Sekretaris Jenderal GAPKI Togar Sitanggang. Togar mengakui penghapusan bea masuk memudahkan pelaku usaha untuk melakukan ekspor biodiesel tanpa pengenaan tarif impor anti dumping terhadap produk Indonesia.Penghapusan Bea Masuk, GAPKI Mulai Ekspor Biodiesel (CNN INDONESIA)
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180408102228-92-289199/usai-penghapusan-bea-masuk-gapki-mulai-ekspor-biodiesel
• Kemendag Jangan Terlena Menang Gugatan Biodiesel Dengan Eropa: Upaya yang dilakukan Kementerian Perdagangan memperjuangkan biodiesel Indonesia di pasar Uni Eropa dinilai positif. Biodiesel Indonesia kembali terbuka lebar ke pasar Eropa. Namun, Kemendag jangan terlena sebab Negara Benua Biru tersebut terus berusaha menghambat biodiesel kita. “Prospeknya terlihat, kita bisa memulai ekspor kembali ke Eropa,” ujar mantan Sekjen GAPKI Togar Sitanggang. Kendati begitu, kemenangan tersebut sejatinya tidak boleh membuat pemerintah terlena. Menurutnya, masih ada kekhawatiran lain, misalnya saja dilontarkannya tuduhan berbeda yang digunakan oleh Uni Eropa untuk menghambat masuknya biodiesel Indonesia ke pasar Eropa. (RAKYAT MERDEKA)
• Akhir April, Luhut Siap Nego di Brussel Soal Pembatasan Produk Turunan CPO: Pemerintah Indonesia siap melakukan negosiasi rencana pembatasan penggunaan produk turunan crude palm oil (CPO) untuk biodiesel pada akhir April 2018 di bursa komoditas Eropa. Menteri Koordinasi bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan menegaskan dirinya akan melakukan negosiasi tersebut pada 23-24 April 2018 di Brussel. “Isu sawit ini di Eropa, memang saya diperintahkan Presiden untuk pergi ke sana sebagai utusan khusus untuk ketemu dengan Uni Eropa. Untuk biodiesel. Itu bidang saya,” tegas Luhut (BISNIS)
http://finansial.bisnis.com/read/20180408/9/781718/akhir-april-luhut-siap-nego-di-brussel-soal-pembatasan-produk-turunan-cpo