+62 2129380882 office@aprobi.co.id

Konsumsi Biodiesel di Bawah Target:

  • Konsumsi Biodiesel di Bawah Target: Pemerintah gencar menerapkan bauran energi seperti biodiesel sebagai bahari bakar minyak (BBM). Sayang, serapan biodiesel tahun ini belum maksimal, tidak sesuai dengan target yang diharapkan. Berdasar data Dewan Energi Nasional (DEN), target penggunaan biodiesel tahun ini mencapai 4,10 juta kiloliter (kl). Hingga Juli, serapan biodiesel hanya sebesar 1,967 juta kl. Anggota DEN Syamsir Abduh menyatakan, ada beberapa hal yang membuat serapan belum maksimal. “Beberapa jenis kendaraan masih harus melakukan uji coba terlebih dahulu agar bisa sesuai dengan biodiesel. Misalnya, alutsista, kendaraan berat, maupun lokomotif,” katanya kemarin (23/11). (JAWA POS)
  • Minyak Jelantahjadi Biodiesel: Dengan memanfaatkan jasa mantan preman yang pernah menghuni lembaga pemasyarakatan dan nelayan, Gen Oil mengolah minyak jelantah menjadi biodiesel. Gen Oil berawal saat Andi Hilmi Mutawakkil, 23, kelahiran Maros, sedang jalan-jalan ke Pasar Pannampu, Makassar, yang tak jauh dari rumahnya dulu. Waktu itu saya ke pasar jalan-jalan. Lalu ada tiga hal yang menarik perhatian saya. Penjual gorengan, ikan yang dijual kadang tak ada, dan preman di pasar,” kata Hilmi. Hilmi yang merupakan lulusan Jurusan Antropologi Universitas Negeri Makassar juga menyadari minyak goreng yang dipakai para penjual adalah minyak jelantah. (MEDIA INDONESIA)
  • Proyek Biodiesel Senilai 3 M, Mangkrak Mirip Rumah Hantu: Proyek senilai hampir 3 Miliar sejak tahun 2007 di desa Aryojeding Kecamatan Rejotangan Tulungagung mangkrak dan bahkan seperti rumah hantu. Proyek produksi biodiesel yang rencananya mengolah kelapa menjadi bahan bakar itu sama sekali belum beroperasi semenjak dibangun sepuluh tahun lalu. (TULUNGAGUNGTIMES)

http://www.tulungagungtimes.com/baca/162279/20171123/195315/proyek-biodiesel-senilai-3-m-mangkrak-mirip-rumah-hantu/

 

 

 

  • Proyek Biodiesel Senilai 3 M, Mangkrak Mirip Rumah Hantu: Proyek senilai hampir 3 Miliar sejak tahun 2007 di desa Aryojeding Kecamatan Rejotangan Tulungagung mangkrak dan bahkan seperti rumah hantu. Proyek produksi biodiesel yang rencananya mengolah kelapa menjadi bahan bakar itu sama sekali belum beroperasi semenjak dibangun sepuluh tahun lalu. (JATIMTIMES)

http://www.jatimtimes.com/baca/162279/20171123/195315/proyek-biodiesel-senilai-3-m-mangkrak-mirip-rumah-hantu/

  • BPDP Sawit Siap Salurkan Rp5,7 T Dana Insentif Biodiesel: Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit siap menyalurkan dana insentif biodiesel untuk periode November 2017 hingga April 2018. Sesuai Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 3756 K/10/MEM/2017 besaran alokasi Bahan Bakar Nabati (BBN) yang akan mendapatkan insentif sebesar 1,4 juta kiloliter (kl) yang dialokasikan pada 20 pengusaha Badan Usaha BBN. (CNNINDONESIA)

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171122180754-85-257439/bpdp-sawit-siap-salurkan-rp57-t-dana-insentif-biodiesel/

  • Minyak Jelantah Jadi Biodiesel: Dengan memanfaatkan jasa mantan preman yang pernah menghuni lembaga pemasyarakatan dan nelayan, Gen Oil mengolah minyak jelantah menjadi biodiesel. Ke depannya, itu akan berdampak pada hal-hal lain seperti kesehatan, lingkungan, alam, dan seluruh masyarakat Indonesia yang lebih baik. Dampak sosial lainnya dari pembuatan energi biodiesel ini ialah memberikan imbas positif terhadap pengecer minyak dan nelayan yang kerap tidak kebagian jatah solar subsidi akibat minimnya pasokan dari pusat. (MEDIAOINDONESIA)

http://mediaindonesia.com/news/read/133479/minyak-jelantah-jadi-biodiesel/2017-11-23

  • Mahasiswa UNY Ciptakan Biodiesel dari Minyak Biji Carica Dieng Wonosobo: Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ikut berperan aktif dalam pengembangan energi baru terbarukan, dalam hal ini meneliti bahan baku alternatif lain untuk pembuatan biodiesel, yaitu carica. Carica Dieng (Carica candamarcensis) merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di wilayah Wonosobo. (TRIBUNNEWS)

http://jogja.tribunnews.com/2017/11/23/mahasiswa-uny-ciptakan-biodiesel-dari-minyak-biji-carica-dieng-wonosobo

  • 4 Mahasiswa UNY Manfaatkan Biji Carica Jadi Bahan Bakar Biodiesel: Carica (Carica Candamarcensis) merupakan tanaman yang banyak tumbuh di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Carica oleh masyarakat sekitar baru dimanfaatkan bagian daging buahnya sebagai produk olahan makanan atau minuman. Sementara bijinya hanya dibuang dan menjadi limbah produksi. Padahal biji carica mengandung minyak nabati dan jika dolah dapat menjadi sumber energi alternative terbarukan serta ramah lingkungan. Sebab minyak nabati mampu terurai secara bioligis dan lebih sempurna. (SINDONEWS)

https://daerah.sindonews.com/read/1259972/189/4-mahasiswa-uny-manfaatkan-biji-carica-jadi-bahan-bakar-biodiesel-1511431402