+62 2129380882 office@aprobi.co.id

Pemerintah Akan Perluas Penggunaan Biodiesel ke Kereta Api:

• Pemerintah Akan Perluas Penggunaan Biodiesel ke Kereta Api: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana memperluas penggunaan biodiesel untuk kereta api dan sektor pertambangan demi meningkatkan penyerapan biodiesel tahun ini. Sebelumnya, penggunaan mandatori pencampuran biodiesel baru diberlakukan untuk pencampuran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar dan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel. Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana menuturkan rencananya kereta api bisa mencampur bahan bakar solar dengan kadar biodiesel 5 persen (B5). Sementara itu, kendaraan operasional sektor pertambangan diharapkan bisa melakukan campuran 10 persen biodiesel (B10). (CNN INDONESIA)
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180320205806-85-284577/pemerintah-akan-perluas-penggunaan-biodiesel-ke-kereta-api
• Norwegia Setop Biofuel dari Sawit, RI Ancam Tak Impor Ikan Salmon: Upaya menjegal produk sawit terjadi di Eropa. Salah satunya Norwegia yang mulai menghentikan pengadaan biofuel berbasis sawit. Pemerintah tak menutup kemungkinan menggugat kebijakan itu ke World Trade Organization (WTO). Bukan itu saja, pemerintah juga berencana menghentikan impor ikan dari Norwegia. (DETIK)
https://finance.detik.com/industri/d-3927728/norwegia-setop-biofuel-dari-sawit-ri-ancam-tak-impor-ikan-salmon
• BPPT Rancang Desain Pabrik Gula Modern, Tidak Sekedar Hasilkan Pemanis: Hampir semua pabrik gula di Indonesia adalah peninggalan Belanda. Teknologinya dinilai sudah kuno. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merancang desain pabrik gula modern. Pabrik gula ini tidak sekedar menghasilkan gula saja. Untuk sementara, pabrik gula yang resminya bernama Pabrik Gula Modern, Terintegrasi, dan Terpadu diterapkan di PT Industri Gula Glenmore (IGG) Banyuwangi, Jawa Timur. Direktur Utama (Dirut) PT IGG Yus Martin mengatakan saat ini kapasitas produksi pabrik gula modern hasil kerja sama dengan BPPT mampu memproduksi gula sebanyak 6 ribu ton per hari. Nah, menariknya pabrik gula modern dan terintegrasi itu tidak sekedar memproduksi gula. Tetapi juga memproduksi olahan sampingan lainya. Yus Martin mengatakan produk samping yang dihasilkan adalah pupuk organik sebanyak 90 ton/hari. Selain itu, juga menghasilkan pakan ternak 75 ton per hari. Tidak berhenti di situ, pabrik bisa menghasilkan bioetanol sebanyak 90 kilo liter per hari. Pabrik juga tercatat mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 20 MW. Produksi setrum itu hanya terpakai sebesar 16 MW untuk keperluan produksi. (JAWA POS)
https://www.jawapos.com/read/2018/03/20/197620/bppt-rancang-desain-pabrik-gula-modern-tidak-sekedar-hasilkan-pemanis
• Pemerintah akan perluas penggunaan biodiesel: Pemerintah berupaya untuk mendorong konsumsi biodiesel. Saat ini pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) ditargetkan konsumsi biodiesel sebesar 3,5 juta kilo liter. Dengan perluasan sektor tersebut, diharapkan dapat menambah konsumsi sebesar 400 ribu kilo liter. Di mana 90% akan di kontribusi oleh sektor tambang dengan menggunakan B10 atau biodiesel 10%, sementara 10% sisanya akan di sumbang dari PT KAI dengan penggunaan B5. (KONTAN)
https://nasional.kontan.co.id/news/pemerintah-akan-perluas-penggunaan-biodiesel
• Pemerintah Mau Ubah Skema Pembayaran Selisih Harga Biodiesel: Pemerintah akan mengubah skema pembayaran selisih biodiesel. Rencananya selisih pembayaran tersebut akan dialihkan langsung ke PT Pertamina (Persero) dari sebelumnya ke produsen biodiesel. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan saat ini pihaknya tengah mengkaji perubahan skema pembayaran selisih biodiesel. Perubahan tersebut akan diterapkan pada biodiesel 20% atau B20. “Kita akan mengkaji mekanisme pembayaran selisih margin dari BPDP untuk biodisel. Untuk penerapan B20,” jelasnya (DETIK)
https://finance.detik.com/energi/d-3927550/pemerintah-mau-ubah-skema-pembayaran-selisih-harga-biodiesel
• Negosiasi Menjadi Bagian dari Strategi: Strategi diplomasi perdagangan minyak sawit mentah (CPO) dan produk turunannya harus berlapis. Strategi tidak hanya berupa negosiasi, tetapi juga menjalin hubungan politis, menerapkan pendekatan legal, dan bermitra dengan industri pengguna di negara-negara penghambat Kemenangan Indonesia terhadap Uni Eropa (UE) dalam kasus antidumping merupakan contoh strategi diplomasi yang tepat Pembelaan Indonesia atas pengenaan bea masuk antidumping UE itu menyasar pada inti pokok persoalan, yaitu diskriminasi perdagangan. Pada 16 Maret 2018, UE menghapus bea masuk antidumping (BMAD) biodiesel Indonesia yang sebesar 8,8-23,3 persen. Penghapusan dilakukan menyusul keputusan Badan Penyelesaian Sengketa Organisasi Perdagangan Dunia (DBS WTO) yang memenangkan enam gugatan Indonesia atas UE. (KOMPAS)
• Strategi Pemerintah Lawan Tudingan Subsidi Biodiesel RI oleh AS: Salah satu cara pemerintah untuk melawan tudingan AS ini yaitu dengan mengubah mekanisme penggunaan dana BPDP kelapa sawit. Rencananya, dana pungutan dari pengusaha sawit yang masuk ke BPDP akan disetor ke Pertamina sebagai dana insentif pembelian biodiesel. Jadi BPDP akan menyalurkan dana untuk pembiayaan selisih kurang HIP minyak solar dengan HIP Bahan Bakar Nabati jenis biodiesel pada periode tertentu. (KUMPARAN)
https://kumparan.com/@kumparanbisnis/strategi-pemerintah-lawan-tudingan-subsidi-biodiesel-ri-oleh-as