+62 2129380882 office@aprobi.co.id

Sudah Saatnya Pemerintah Dorong Promosi Positif Minyak Sawit (PERDAGANGAN INTERNASIONAL):

  • Sudah Saatnya Pemerintah Dorong Promosi Positif Minyak Sawit (PERDAGANGAN INTERNASIONAL): Ketua Umum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (Maksi) Darmono Taniwiryono menyatakan, sudah saatnya pemerintah dan masyarakat mendorong peningkatan promosi positif terhadap minyak sawit. Apalagi, kata Darmono, sumbangan ekspor minyak sawit mentah (CPO) terhadap devisa negara mencapai rata-rata lebih dari 15 miliar dolar AS setiap tahun. Parlemen Eropa akan melakukan pemungutan suara (voting) terkait energi dari sumber terbarukan, termasuk kelapa sawit Indonesia, pada 17 Januari 2017 di Markas Besar Parlemen Eropa, Strasbourg, Prancis. Laporan, yang disebut Proposal Petunjuk Parlemen dan Dewan Eropa untuk Promosi Penggunaan Energi dari Sumber Terbarukan, Parlemen Eropa itu berupaya menghapuskan penggunaan biodiesel dari minyak sayur pada 2030 dan berbahan kelapa sawit, termasuk dari Indonesia, pada 2021. (NERACA)
  • Parlemen Eropa Voting Penghapusan Sawit: Parlemen Eropa akan melakukan pemungutan suara (voting) terkait energi dari sumber terbarukan, termasuk kelapa sawit Indonesia, pada 17 Januari 2017 di Markas Besar Parlemen Eropa, Strasbourg, Prancis. Laporan yang disebut Proposal Petunjuk Parlemen dan Dewan Eropa untuk Promosi Penggunaan Energi dari Sumber Terbarukan berupaya menghapuskan penggunaan biodiesel dari minyak sayur pada 2030 dan berbahan kelapa sawit, termasuk dari Indonesia, pada 2021. (INVESTOR DAILY INDONESIA)
  • Eropa akan Hapus Biodiesel dari Sawit Termasuk dari Indonesia: Parlemen Eropa akan menghapus penggunaan biodiesel dari minyak nabati pada 2030 dan dari minyak kelapa sawit, termasuk dari Indonesia, pada 2021.  Upaya itu akan diwujudkan lewat pemungutan suara rancangan Proposal Energi bertajuk  “Report on the Proposal for a Directive of the European Parliament and of the Council on the Promotion of the use of Energy from Renewable Sources” di kantor Parlemen Eropa, Strasbourg, Rabu (17/1).  Indonesia berpandangan bahwa usulan Komite Lingkungan Hidup (ENVI) Parlemen Eropa tersebut bertentangan dengan prinsip perdagangan bebas dan adil dan menjurus kepada terjadinya diskriminasi “crop apartheid” terhadap produk sawit di Eropa. (RIAU AKTUAL)

http://riauaktual.com/news/detail/36941/eropa-akan-hapus-biodiesel-dari-sawit-termasuk-dari-indonesia.html

  • Pengolahan Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Biobutanol Sebagai Bahan Bakar Terbarukan: Kelapa sawit merupakan salah satu tumbuhan industri yang sangat penting, dikarenakan oleh kemampuannya yang tinggi untuk menghasilkan minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil / CPO) terbesar di dunia. Menurut Direktorat Jenderal Perkebunan Indonesia (2016), luas areal perkebunan sawit pada tahun 2015 adalah 11.260.277 hektar dan produksi CPO sebesar 31.070.015 ton. Angka ini meningkat pada tahun 2016, dimana luas areal perkebunan kelapa sawit di Indonesia telah mencapai 11.914.499 hektar dengan produksi CPO sebesar 33.229.381 ton. Di Indonesia penyebararannya di daerah Aceh, Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Produksi CPO yang semakin meningkat diikuti dengan peningkatan jumlah limbah kelapa sawit, baik limbah cair maupun limbah padat. Limbah yang banyak dihasilkan adalah limbah padat, yaitu tandan kosong kelapa sawit (TKKS). Menurut Yanti dalam tulisannya tahun 2013, dalam proses produksi CPO, satu kilogram tandan buah segar akan menghasilkan 220-250 gram TKKS, padahal produksi CPO untuk tahun 2016 sudah mencapai 33.229.381 ton. (KORAN BOGOR)

http://koranbogor.com/2018/01/15/pengolahan-tandan-kosong-kelapa-sawit-menjadi-biobutanol-sebagai-bahan-bakar-terbarukan/

  • Dana Kelapa Sawit Rp 5 Triliun Dikucurkan untuk Peremajaan Kebun: Pemerintah, melalui Kementerian Pertanian, akan mengucurkan dana sebesar Rp 5 triliun yang berasal dari penghimpunan dana kelapa sawit untuk peremajaan (replanting) kebun sawit rakyat. Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang menyebutkan dari total 4,7 juta hektare (ha) lahan sawit milik rakyat, terdapat 2,4 juta ha lahan yang perlu ditingkatkan produktivitasnya melalui program peremajaan. Presiden Joko Widodo sebelumnya mengatakan tanaman kelapa sawit merupakan emas hijau untuk Indonesia. Ia mengklaim, Indonesia merupakan produsen kelapa sawit terbesar di dunia. “Tapi harus diingat, menjadi yang terbesar berarti kita juga harus kuat dalam pengelolaannya,” ujar Jokowi, saat menghadiri peluncuran program kredit usaha rakyat (KUR) khusus Peremajaan Sawit Rakyat (PRS) di Desa Kota Tengah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin, 27 November 2017. Jokowi menjelaskan, kelapa sawit yang merupakan bahan baku dari sabun, kosmetik, minyak goreng, farmasi, dan bahkan saat ini sedang dikembangkan untuk bahan biodiesel, harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Ia mengakui, saat ini produksi kelapa sawit Indonesia masih rendah karena lemahnya kemampuan petani dalam pengelolaan. Karena itu, dia meminta Menteri Perekonomian Darmin Nasution membantu petani sawit meremajakan pohon sawit milik rakyat. (TEMPO)

https://bisnis.tempo.co/read/1050585/dana-kelapa-sawit-rp-5-triliun-dikucurkan-untuk-peremajaan-kebun

  • Indonesia to Push Use of B20 Biodiesel Fuel Despite Less Efficiency: The Energy and Mineral Resource Ministry has finished a road trial for B20, a type of biodiesel containing 20 percent fatty acid methyl ether, that could pave the way for the government’s plan to have all diesel-engine vehicles use the fuel next year. The trial concluded that B20 is 3.97 percent less efficient compared to existing diesel fuel and that it increases fuel consumption by up to 3 percent, said Dadan Kusdiana, the bioenergy director at the ministry, on Monday. B20 also clogged the engine after 7,500 kilometers of use, but that can be fixed by changing the fuel filter, he said. Heavy machinery would have an increase in zinc deposits in the engine after prolonged use of B20, and the ministry recommends producers to change parts of the machinery to contain less zinc, Dadan said. (JAKARTA GLOBE)

http://jakartaglobe.id/business/indonesia-push-use-b20-biodiesel-fuel-despite-less-efficiency/