PERIODE PENTING PENGELOLAAN ENERGI NASIONAL

| News
Share Share on Facebook Share on Twitter Share on Whatsapp

Bisnis Indonesia | Sabtu, 30 Desember 2023

PERIODE PENTING PENGELOLAAN ENERGI NASIONAL

Warsa 2023 menjadi salah satu periode penting bagi PT Pertamina (Persero) sebagai badan usaha milik negara atau BUMN holding energi. Beragam pijakan penting dilalui perseroan hingga mampu menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam Fortune Global 500 pada tahun ini. Mengawali tahun dengan mendistribusikan B35 atau biodiesel dengan kandungan bahan bakar nabati 35 % pada awal Februari. Berbagai strategi pun dilaksanakan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan mandatori tersebut. Kala itu, Pertamina melalui sub-holding commercial trading PT Pertamina Patra Niaga langsung memperpendek jalur distribusi biodiesel dari produsen bahan bakar nabati (BBN) yang tadinya 112 terminal menjadi hanya 17 terminal se-Indonesia. Hal itu dilakukan agar pendistribusiannya menjadi lebih efisien. Selain itu, perusahaan juga menyiapkan kilang penampungan tambahan berkisar 50.000 kiloliter guna menampung bahan FAME sebagai campuran tambahan dalam memproduksi B35. Optimalisasi pemanfaatan BBN untuk mendukung transisi energi yang dilaksanakan pemerintah juga dilakukan Pertamina dengan menyajikan Pertamax Green 95 di Jakarta dan Surabaya, sejak Juli 2023. Tidak hanya lebih ramah lingkungan, Pertamax Green 95 juga memiliki kualitas yang lebih baik dengan research octane number (RON) 95. Artinya, gasoline terbaru yang dijual Pertamina tersebut bisa meningkatkan performa dengan akselerasi tinggi atau lebih baik dalam berkendara, dapat digunakan pada kendaraan jenis sepeda motor maupun mobil, dan menjaga mesin kendaraan tetap bersih. Bahan bakar ramah lingkungan tersebut juga mampu menurunkan kadar emisi yang dikeluarkan kendaraan, sehingga dapat menjaga lingkungan tetap bersih. Bahkan, pendistribusian Pertamax Green 95 juga diyakini bisa membuat Negara menghemat devisa melalui pengurangan volume impor bahan bakar minyak. Di sektor penerbangan, tahun ini Pertamina juga menggandeng PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. untuk menggunakan Pertamina Sustainable Aviation Fuel (SAF) atau Bioavtur dalam penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang menuju Bandara Adi Sumarmo di Surakarta, dan kembali ke Jakarta. Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution mengatakan bahwa Pertamina memiliki komitmen untuk mendukung tercapainya target net zero emission yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia dengan mengembangkan roadmap aset dekarbonisasi dan pembangunan green business, termasuk SAF untuk sektor aviasi. “Penerbangan khusus ini akan menjadi tonggak sejarah di industri aviasi yang berkelanjutan. Masyarakat juga akan merasakan pengalaman baru, merasakan pemanfaatan energi terbarukan dan berkontribusi secara langsung pada penurunan emisi,” katanya. Perjalanan Pertamina SAF sendiri sebenarnya telah diinisiasi sejak 2010 melalui Research Technology Innovation Pertamina, dengan melakukan riset pengembangan produk dan katalis. Pada tahun 2021, PT Kilang Pertamina Internasional berhasil memproduksi SAF J2.di Refinery Unit IV Cilacap dengan teknologi coprocessing dari bahan baku refined bleached deodorized palm kernel oU (RBDPKO) atau minyak inti sawit yang telah mengalami proses pengolahan pemucatan, penghilangan asam lemak bebas dan bau sebanyak 1.350 kiloliter per hari. Hasil dari serangkaian pengujian yang telah dilaksanakan pun menunjukkan bahwa performa SAF J2.memiliki kualitas yang sama dengan avtur konvensional. Upaya mengakselerasi transisi energi juga dilakukan Pertamina melalui subholding Power New and Renewable Energy atau Pertamina NRE yang berhasil meningkatkan kapasitas terpasang dari energi hijau, khususnya pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebesar 48 megawatt-peafe (MWp). Kapasitas terpasang listrik bersih tersebut naik signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni 28,MWp. Perusahaan memprediksi penggunaan PLTS di internal perseroan, seperti yang dilakukan di Pertamina Hulu Rokan bisa menyentuh angka 500 MW secara bertahap. Dari panas bumi, perseroan melalui PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. telah memiliki pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) dengan kapasitas 672 MW. Targetnya, dalam tahun angka tersebut bakal menyentuh gigawatt (GW). Belum lagi upaya pemanfaatan hidrogen oleh Pertamina NRE yang dinilai memiliki peran strategis dalam transisi energi. Pasalnya, hidrogen hijau dan biru bisa menjadi solusi untuk pengganti bahan bakar fosil bagi industri yang sulit melakukan dekarbonisasi terhadap produk maupun proses produksinya, seperti di kilang minyak, industri baja, hingga serta transportasi berat. Pertamina NRE juga tercatat menjadi salah satu pelopor perdagangan karbon di bursa karbon Indonesia dengan menjual 864.000 ton setara CO2 emisi dari PLTP Lahendong Unit dan 6. Kredit karbon yang ditawarkan Pertamina NRE pun telah memenuhi standar nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

KINERJA HULU

Sementara itu di hulu migas, Pertamina melalui Pertamina Hulu Energi Masela menggandeng Petronas Masela Sdn. Bhd. mengambil alih 35% kepemilikan Shell Upstream Overseas Services Limited di Blok Masela. Pengambilalihan participating interest tersebut menjadi momentum bagi Indonesia untuk mengakselerasi pengelolaan wilayah kerja kaya gas yang sempat lama tertunda tersebut. Selain itu, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) sebagai pengelola Blok Rokan tahun ini mampu menyalip torehan produksi minyak dari Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu yang dikelola oleh ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL). Deputi Eksploitasi SKK Migas Wahju Wibowo mengatakan, Pertamina Hulu Rokan berhasil menahan penurunan produksi minyak di level 167.000 barel setara minyak per hari (bopd), sedangkan produksi minyak dari Blok Cepu susut ke level 140.000 bopd. “[Juara 1] Rokan, Cepu sudah turun. [Produksi] Rokan sekitar 167.000 bopd, sedangkan Cepu kan 140.000 bopd,” katanya saat ditemui baru-baru ini. Kemampuan produksi Blok Rokan tersebut belum menghitung potensi tambahan produksi dari kegiatan chemical enhanced oil recovery (CEOR) perusahaan di Lapangan Minas. Sepanjang tahun ini, produksi migas dari sejumlah lapangan di luar negeri juga menunjukkan hasil yang optimal. Hal itu tecermin dari proyeksi PT Pertamina (Persero) terhadap produksi migas dari lapangan internasional sepanjang 2023 mencapai 214.000 barel setara minyak per hari. Angka tersebut melonjak dari realisasi tahun lalu yang sebesar 163.000 barel setara minyak per hari. Kontribusi Pertamina Hulu Energi sebagai sub-holding upstream terhadap lifting nasional juga makin signifikan, yakni 86% untuk minyak bumi dan 32% untuk gas bumi. Pertamina Hulu Energi juga berperan dalam pengembangan teknologi carbon capture utilization and storage (CCUS) di Indonesia melalui injeksi perdana CO2 di Lapangan Jatibarang di Jawa Barat, dan Lapangan Sukowati di Jawa Timur. Keandalan kinerja hulu perusahaan juga disertai dengan moncer-nya sektor midstream. Refinery Development Masterplan Program (RDMP) yang dijalankan oleh sub-holding Refining Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional berhasil mencatatkan progress positif. Sebagai proyek strategis nasional (PSN) yang penting dalam meningkatkan produksi BBM berkualitas tinggi, pembangunan RDMP Balikpapan telah mencapai 85,9% pada 30 November 2023. RDMP ditargetkan untuk meningkatkan kapasitas pengolahan serta kualitas produk setara EURO V. Saat ini, Kilang Pertamina Internasional mampu memenuhi 60% kebutuhan BBM nasional. Bahkan, khusus untuk produk gasoil dan avtur, Kilang Pertamina Internasional dapat memenuhi seluruh kebutuhan nasional, sehingga tidak perlu melakukan impor. Sebagai korporasi, tahun ini Pertamina juga berhasil menyandang peringkat pertama di dunia untuk environmental, social, andgovernance (ESG) sub sektor perusahaan minyak dan gas bumi (migas) terintegrasi, dengan skor 20,7 {medium risk). Pertamina juga didaulat sebagai perusahaan tujuan investasi, setelah mendapatkan peringkat BAA2 dari Moody\‘s, BBB dari Standard Poor\‘s, dan BBB dari Fitch Ratings. Hingga akhir Oktober 2023, Pertamina sebagai BUMN juga tercatat telah berkontribusi sebanyak Rp255,51 triliun terhadap penerimaan negara, terdiri atas pajak, dividen, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), serta signature bonus. “Sepanjang 2023, Pertamina melakukan berbagai inovasi bisnis, meningkatkan produksi migas di dalam negeri dan luar negeri, sebagai upaya kami untuk menambah produksi migas bagi Indonesia, menumbuhkan ekosistem energi transisi, serta mengembangkan partnership dengan berbagai mitra bisnis yang kredibel,” kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Kontan.co.id | Sabtu, 30 Desember 2023

Ada Pemilu, Kuota Solar Subsidi Tahun 2024 Melonjak Jadi 19 Juta Kilo Liter

Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas) telah mengantisipasi lonjakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan mengerek kuota Solar subsidi.  Kepala BPH Migas Erika Retnowati menyatakan di tahun depan kuota untuk Jenis BBM Tertentu (JBT) minyak solar sebanyak 19 juta kilo liter (KL), artinya juta KL lebih banyak dibandingkan tahun ini.  Meski disiapkan lebih banyak, Erika menegaskan, bukan berarti kuota tersebut akan dihabiskan seluruhnya. BPH Migas terus meningkatkan pengawasan dan menyempurnakan digitalisasi penyaluran BBM tepat sasaran dengan sistem barcode bersama PT Pertamina.   “Kami berupaya pertumbuhan konsumsi Solar subsidi itu tidak terlalu tinggi dengan pengendalian di lapangan,” ujarnya dalam konferensi pers di Sentul, Bogor Sabtu (30/12).  Di sepanjang 2023, BPH Migas mencatatkan realisasi penyaluran BBM Solar Subsidi sebanyak 17,juta kilo liter (KL) atau melebihi kuota yang ditetapkan awal tahun sebanyak 17 juta KL. Erika menjelaskan, pertumbuhan konsumsi solar subsidi di tahun ini karena didorong geliat ekonomi pasca Pandemi Covid-19.  “Artinya ekonomi itu tumbuh, kemudian kegiatan masyarakat bertambah yang mungkin pada saat itu kami tidak prediksi akan setinggi ini. Kemudian ada juga tambahan kegiatan kampanye,” terangnya.  Direktur Bahan Bakar Minyak (BBM) BPH Migas, Sentot Harijady Bradjanto Tri Putro menambahkan, sedikit kilas balik konsumsi BBM pada 2017-2019 mengalami tren kenaikan, kemudian sempat melandai di masa Covid-19 pada 2020. Namun per-September 2021 mulai ada kenaikan.   Menurutnya, kalau tidak ada upaya lanjutan melakukan distribusi BBM tepat sasaran dengan barcode yang dilaksanakan Pertamina dan Microsite di AKR konsumsi Solar Subsidi bisa melonjak lebih tinggi hingga 6% sampai 7%.  “Namun dengan aplikasi yang kami kembangkan bersama Pertamina atau Microsite untuk AKR, estimasi lonjakan itu bisa ditekan kurang lebih kenaikannya hanya sekian persen di akhir Desember 2023,” ujarnya.  Melalui upaya digitalisasi, kata Sentot, beberapa bulan ini konsumsi Solar subsidi sudah stagnan dalam pengertian sebagian besar distribusinya sudah tepat sasaran. Apalagi penegakan hukum sudah ditingkatkan dan pengaduan masyarakat semakin masif terhadap praktik penyelewengan BBM Subsidi. Secara bersamaan, BPH Migas juga langsung menindak penyelewengan yang terjadi di lapangan.

https://industri.kontan.co.id/news/ada-pemilu-kuota-solar-subsidi-tahun-2024-melonjak-jadi-19-juta-kilo-liter

Tempo.co | Sabtu, 30 Desember 2023

Selain SGIE Gibran Sebut Istilah Saat Debat Cawapres, Ini Arti Bioetanol, Bioavtur, Biodiesel

Debat Cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU)  pada 22 Desember 2023, masih menjadi perbincangan publik. Terutama Gibran Rakabuming yang menyebut singkatan dan istilah kepada cawapres lainnya, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Mahfud MD. Salah satunya soal State of the Global Islamic Economy atau SGIE. Debat Cawapres tersebut mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional yang juga mencakup tema Ekonomi (baik ekonomi kerakyatan, ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur dan Perkotaan. Gibran Rakabuming selaku pasangan Prabowo Subianto nomor urut 2, mengatakan akan menjadikan Indonesia sebagai raja energi hijau. Hal tersebut disampaikan Gibran saat menjelaskan visi, misi, dan program kerja dalam acara debat cawapres di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada Jumat, 22 Desember 2023. Ia pun menyebutkan tiga istilah ini. “Saya juga berkeyakinan suatu saat nanti Indonesia akan menjadi raja energi hijau dunia, dengan terus mengembangkan biodiesel, bioavtur dari sawit, bioetanol dari tebu”, ujar Gibran.  Apa artinya? Indonesia memang tengah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan sumber energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan dan rendah emisi karbon. Salah satu bentuk energi terbarukan yang tengah dikembangkan adalah bahan bakar nabati (BBN). BBN merupakan energi yang terdiri atas bahan bakar minyak, seperti biodiesel, bioavtur, atau bioetanol yang dicampur dengan minyak nabati murni. BBN diklaim menjadi alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada BBM fosil. Simak arti istilah bioetanol, bioavtur dan biodiesel berikut.

Bioetanol

Bioetanol adalah etanol yang dibuat dari biomassa yang mengandung kandungan pati atau selulosa, seperti singkong dan tetes tebu. Dalam dunia industri, etanol umumnya digunakan sebagai bahan baku industri turunan alkohol, campuran untuk minuman keras (seperti sake dan gin), serta bahan baku farmasi dan kosmetik.  Bioetanol mulai dikembangkan sebagai bahan bakar terbarukan yang merupakan campuran antara bahan bakar Pertamax dengan nabati etanol. Indonesia dalam hal ini memanfaatkan molases tebu. Produk bioetanol merupakan salah satu produk turunan yang dihasilkan dari industri gula berbasis bahan baku tebu. Dilansir dari laman indonesia.go.idIndonesia bahkan sudah ketinggalan jauh dalam memanfaatkan bioetanol untuk kendaraan bermotor. Sebelum Indonesia, sudah banyak negara di dunia yang memakai bahan bakar jenis ini. Sebagai contoh, Tiongkok sudah merilis kebijakan untuk mewajibkan penggunaan etanol di seluruh wilayah pemerintahannya sejak Januari 2020. Berbeda dengan Tiongkok, Amerika Serikat (AS) dan Brazil merupakan negara yang sukses menerapkan etanol sebagai komponen wajib dalam campuran bahan bakar kendaraan. Selain itu, keduanya juga merupakan negara dengan tingkat produksi etanol tertinggi di dunia. Sebagai contoh, sepanjang periode 2018 AS berhasil memproduksi 16,miliar galon. Sedangkan, Brazil berada di posisi kedua dengan jumlah produksi sebesar 7,95 miliar gallon. Apalagi mayoritas kendaraan di Brasil kerap disebut sebagai flexible-fuel vehicle atau kendaraan yang mampu beradaptasi dengan bioetanol.

Bioavtur

Bioavtur merupakan bahan bakar pesawat yang dibuat dari campuran avtur dan kelapa sawit 2,persen. Bioavtur kelapa sawit memiliki sejumlah keunggulan seperti rendah emisi, tidak perlu infrastruktur baru dan mengubah engine karena unsur karbon bioavtur cocok dengan mesin pesawat terbang. Bioavtur jenis ini diharapkan bisa menurunkan emisi karbon sektor transportasi. Penggunaan bioavtur dinilai dapat menurunkan emisi gas rumah kaca di sektor penerbangan.  Sejak 2014, PT Pertamina telah merintis penelitian dan pengembangan bioavtur melalui Unit Kilang Dumai dan Cilacap. Nicke menjelaskan bahwa performa bioavtur sudah optimal, di mana perbedaan kinerjanya hanya 0.2 – 0.6% dari kinerja avtur fosil. Bioavtur tersebut berhasil digunakan Pertamina dan Garuda Indonesia dalam melaksanakan penerbangan komersial perdana berbahan bakar ramah lingkungan, Pertamina Sustainable Aviation Fuel (SAF) atau Bioavtur. Penerbangan komersial itu menggunakan pesawat Boeing PK GFX Seri 727-800 dari Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) menuju Bandara Adi Soemarmo (Surakarta), dan kembali ke Jakarta.

Biodiesel

Biodiesel merupakan bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari bahan alami terbarukan seperti minyak nabati dan hewani. Biodiesel adalah minyak dari tumbuhan atau hewan yang dipakai sebagai alternatif pengganti solar untuk armada dengan mesin diesel. Biodiesel berasal dari bahan baku minyak sawit mentah (Crude Palm Oil), minyak jarak, minyak nyamplung, minyak kelapa, minyak ikan hingga Palm Fatty Acid Distillate (PFAD). Sifat fisik bioavtur ini sama dengan minyak solar, biodiesel dapat digunakan untuk menggantikan solar sebagai bahan bakar mesin diesel. Biodiesel tidak memiliki kandungan bahan bakar minyak bumi, tapi dapat dicampur sesuai perbandingan tertentu. Biodiesel dapat digunakan pada mesin diesel tanpa modifikasi dan memungkinkan efisiensi bahan bakar. Tidak seperti bioetanol yang menghasilkan kandungan seragam meski berbeda bahan baku, sumber bahan baku biodiesel bakal menentukan sifat kimia yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dilansir dari laman Shell, Biodiesel sedang digencarkan sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan di Indonesia. Biodiesel dimanfaatkan untuk menggantikan energi fosil yang tidak terbarukan dan meninggalkan lebih banyak emisi gas Rumah Kaca sehingga menurunkan kualitas lingkungan. Merujuk Peraturan Menteri No. 12 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 32 Tahun 2008 tentang Penyediaan, Pemanfaatan, dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) Sebagai Bahan Bakar Lain, jenis sektor yang wajib menerapkan biodiesel yakni sebagai berikut. – Usaha mikro – Usaha perikanan – Usaha pertanian – Transportasi dan pelayanan umum/PSO (Public Service Obligation) – Transportasi non PSO – Pembangkit listrik – Industri – Komersial

https://tekno.tempo.co/read/1815220/selain-sgie-gibran-sebut-3-istilah-saat-debat-cawapres-ini-arti-bioetanol-bioavtur-biodiesel